Selasa, 09 Juni 2009

Melukis Masa Depan

Mungkin Anda merasa remeh dengan judul diatas, sebuah kata yang mungkin sudah sering Anda dengar dan Anda pun sudah mengerti kira-kira apa maksudnya. Namun penulis disini yakin bahwa ada beberapa hal yang cukup menarik untuk dibicarakan mengenai sebuah masa depan. Ada beberapa sisi menarik maupun pertanyaan yang bisa diajukan disini diantaranya adalah apa hakikat sebenarnya dari melukis masa depan itu sendiri? Kemudian bagaimana seseorang dapat mempersiapkan diri sekaligus menghindari kegagalan di masa depannya? Nah disini akan sedikit penulis uraikan sekedarnya.

Bahwa masa depan adalah sebuah rentang waktu yang akan kita alami nanti jauh setelah masa sekarang ini. Jadi setiap orang akan mengalami saat nanti dimana saat itu belum pasti akan seperti apa kejadiannya. Namun tidak ada salahnya Anda merencanakan apa yang akan Anda alami dan nikmati di waktu mendatang. Ibaratnya Anda bisa mendesain masa depan Anda dengan imajinasi dan pola pikir yang dimiliki serta dengan memperhatikan kendala-kendala yang mungkin timbul dengan didorong oleh kemauan yang Anda miliki.
Hal ini sebenarnya wajar bagi kebanyakan kita. Bahkan bagi kalangan tertentu misalnya remaja, mereka hanya mengandalkan imajinasi saja dalam merancang masa depannya. Namun kita perlu meyakini bahwa kejadian-kejadian yang terjadi nanti adalah lebih banyak bukanlah kejadian yang kita duga sebelumnya. Nah, hal ini menunjukkan bahwa ada faktor yang perlu kita perhatikan disini.

Faktor tersebut adalah realitas yang melingkupi seseorang yang dapat memaksa seseorang untuk memilih jalan hidup yang lebih logis tidak harus sama dengan apa yang diinginkan. Maka kita sering melihat seseorang gagal dengan apa yang telah ia rencanakan. Hal ini wajar memang yang namanya realitas selalu menuntut kita untuk menyesuaikan diri dengannya. Namun bukan berarti selamanya imajinasi kita salah. Banyak orang yang mengalami keberhasilan dan merasakan apa-apa yang didapatkan sekarang ternyata adalah sesuatu yang pernah diangankan sebelumnya. Dan perlu diingat bahwa diatas itu semua ada kekuatan yang lebih menentukan yaitu Allah SWT.


Nah, itulah makna dari melukis masa depan. Dengan rasio kita seolah-olah dapat mengkalkulasi pilihan-pilihan hidup yang terbentang di depan kita. Kita mempunyai kemampuan tertentu untuk mewujudkan apa keinginan kita. Dan jalan pikiran yang kita miliki sekarang sesungguhnya akan menentukan bagaimana kita nantinya. Untuk itulah kita seharusnya membiasakan diri untuk menjadi "pelukis" yang jeli dalam menentukan masa depan yang kita inginkan, jangan ngawur dan tidak terarah. Gunakan cara berfikir positif dalam menghadapi setiap permasalahan. Nantinya akan terbentuk pola pikir yang menetap yang akan selalu kita gunakan dalam setiap kondisi.


Pendek kata jalinan pemikiran, perbuatan, dan kebiasaan akan membentuk masa depan Anda. Untuk itulah mulai sekarang Anda perlu membuat jaringan dan hubungan yang menguntungkan yang akan membentuk jalur yang mantap dalam hidup Anda. Maksudnya Anda harus membuat jalinan persahabatan yang menguntungkan, melakukan aktifitas-aktifitas yang produktif dan berusaha mendapat kepercayaan dari orang-orang sekitar sehingga masa depan Anda menjadi mudah dan lancar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar