Rabu, 10 Juni 2009

Keberlangsungan Kehidupan Sosial

Kita disebut sebagai makhluk sosial karena hidup dan berkembang bersama-sama dengan orang lain dalam sebuah masyarakat yang diikat oleh norma-norma yang disepakati bersama. Didalam hubungan kemasyarakatan kita mengenal perbedaan individu dalam hal jenis kelamin, usia, agama, pekerjaan, dan lain-lain. Adanya perbedaan ini akan membentuk suatu pola pergaulan yang didasari oleh rasa saling menghargai dan menghormati. Misalnya saja seorang yang lebih muda lazimnya bersikap hormat kepada yang lebih tua. Seorang wanita mempunyai peran-peran tertentu yang lebih terbatas dibandingkan laki-laki dan lain sebagainya.

Dalam perkembangannya nilai-nilai seperti ini sedikit banyak telah mengalami perubahan. Orang-orang yang lebih mengutamakan nilai kecakapan akan menganggap usia bukan faktor utama. Juga dalam hal emansipasi wanita sekarang ini peran mereka telah menyamai kaum laki-laki. Tentu hal ini menimbulkan pertanyaan dalam diri kita; apakah kedepan akan muncul bentuk masyarakat baru yang benar-benar berbeda dari yang ada sekarang?

Sesekali mungkin terlintas dalam benak Anda tentang gagasan menyatukan umat manusia dalam pergaulan global yang tidak dibatasi oleh perbedaan apapun / menganut sistem persamaan. Namun percayalah bahwa Anda tidak akan bisa menciptakan sistem persamaan itu dari nilai-nilai yang benar-benar baru. Bahkan dari dulu peradaban manusia sebenarnya hanya berubah dalam bentuk fisiknya saja sedangkan hakikat dari manusia itu sendiri tidaklah berubah. Maka sesungguhnya sistem nilai tertinggi yang diberikan kepada manusia oleh Allah adalah agama. Disini bisa kita lihat bahwa akibat manusia mempercayai dan menjalankan agama maka dapat tercipta kehidupan yang tertib dan teratur.

Kelak mungkin kita tidak akan pernah menjumpai sistem nilai yang benar-benar baru melampaui agama seperti juga tidak akan ada bentuk masyarakat yang benar-benar baru melampaui bentuk negara yang dipimpin dan diberlakukan undang-undang bagi warganya. Kecuali memang Anda mempercayai teori evolusi masih berlangsung sampai saat ini? Atau Anda menginginkan suatu masyarakat yang tanpa kelas dan tanpa perbedaan? Atau Anda menginginkan kebebasan individu yang seluas-luasnya? Jawaban dari pertanyaan ini memang tergantung dari minat Anda. Tetapi yang pasti, teori apapun yang akan diterapkan untuk mewujudkan sebuah masyarakat yang ideal maka memerlukan seperangkat nilai dan peraturan yang disepakati dan menjamin keberlangsungan kehidupan sosial yang teratur. Maka kita yakin bahwa nilai-nilai yang lebih menjamin dan mendekati ideal untuk itu adalah ajaran-ajaran moral yang dianjurkan oleh agama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar